Januari 23, 2009

Persiapan UN

Sebentar lagi siswa-siswi SMA dan MA di negeri kita akan menghadapai ujian nasional alias UN. Untuk itu tentu mereka perlu belajar dengan “keras” agar lulus. Ya, mereka perlu belajar “keras” memahami kembali segala materi yang sudah dipelajari sejak kelas X hingga kelas XII untuk menghadapi UN agar meraih kelulusan. Tetapi terkadang belajar “keras” tanpa dibarengi belajar dengan “cerdas” tidaklah cukup mengantarkan mereka menggapai target minimal kelulusan.

Salah satu cara yang dianggap sebagai belajar dengan “cerdas” dalam mempersiapakan diri menghadapi UN adalah dengan berlatih soal-soal, baik soal-soal UN tahun-tahun sebelumnya, soal-soal prediksi UN (bocoran soal-soal), atau soal-soal yang setaraf. Dengan berlatih soal-soal semacam itu para siswa diharapkan akan terbiasa dengan tipe soal atau masalah yang akan diujikan pada UN yang sesungguhnya. Dengan membiaskaan diri berlatih soal-soal semacam itu pula diharapkan mereka tentunya tidak kaget saat UN yang seriusnya.

Hal di atas adalah salah satu usaha jasmani yang harus dilakukan oleh para siswa. Lalu apakah cukup dengan usaha jasmani kah ? tentu tidak, selayaknya dan seharusnya para siswa untuk memulai melakukan usaha rohaniah, memohon ampunan, meningkatkan ibadah, menjauhi maksiat dan berdoa. Agar semua apa yang diharapkan mendapat pertolongan Allah dikala nanti melaksanakan Ujian Nasional yang mungkin dianggap menjadi beban bagi para siswa.

nah kalo gitu hal yang mesti kalian lakukan adalah belajar dengan sungguh-sungguh dan jangan lupa untuk berdo'a.

pertama buka kembali pelajaran-pelajaran yang sudah dipelajari dulu dikelas X maupun kelas XII.

kedua pelajari soal-soal bekas ujian tahun-tahun sebelumnya.

ketiga ikutilah pengayaan-penyaan yang telah disediakan oleh pihak sekolah.

keempat tinggalkanlah hal-hal yang tidak berguna atau yang membuat waktu tidak berguna, isilah waktu-waktu luang untuk belajar.

selanjutnya jangan lupa untuk selalu berdo'a, mohon restu orang tua dan tingglkanlah pekerjaan-pekerjaan maksiat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kasih comment key !!!!!