Februari 17, 2009

Tata Krama

Tata Krama Terhadap Kedua Orang Tua

Ibu dan ayah adalah kedua orang tua yang sangat besar jasanya dan kasih sayangnya kepada anaknya, dan merekamempunyai tanggungjawab yang besar terhadap anaknya tersebut. Jasa mereka tidak dapat dihitung dan dibandingkan dengan harta, kecuali mengembalikan menjadi merdeka sebagi manusia mempunyai hak kemanusiaan yang penuh setelah menjadi budak atau hamba sahaya karena sesuatu keadaan yang tidak diinginkan. Zaman sekarang tidak ada lagi perbudakan.

Kalau Ibu merawat jasmani dan rohaninya sejak kecil secara langsung, maka bapak pun merawatnya, mencari nafkahnya, membesarkannya, mendidiknya dan lain-lain sehingga kita dapat sekolah, disamping usaha ibu. Oleh karena itu, kedua orang tua merupakan orang yang pertama kali berhak untuk dihormati, dita’ati, dicintai dan dimuliakan dari segalanya sebelum orang lain.

Agama islam telah memberikan tuntunan kepada kita untuk bertatakrama (berakhlaq) yang baik, dengan cara : melaksanakan perintahnya, menghormati dan mencintainya, mendengarkan nasihat-nasihatnya, mendo’akan keduanya, selalu menjabat dan mencium kedua tangannya bila bepergian, menjauhi setiap perkataan yang menyakitkan hati keduanya, menjauhi bermuka masam (cemberut), menjahui memandang keduanya denagn mata yang tajam (melotot), tidak mencari marah keduanya, dan lain-lain.

Firman Allah SWT QS. Al-Isro (17) : 23 – 24

Berakhlaq baik kepada ibu dan bapak tidaklah semasa masih hidup, tetapi sesudah keduanya telah meninggal kita tetap berbuat baik kepada keduanya, yaitu dengan cara : melaksanakan sholat jenazah kepada keduanya, berdo’a kepada Allah untuk al-marhum agar diampuni dosa-dosanya, melaksanakan janji dan menyempurnakannya yang telah dibuat oleh al-marhum, memuliakan sahabat karib keduanya, dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kasih comment key !!!!!